Tuesday, February 18, 2014

Browse Manual » Wiring » » » » » Ubuntu ME Muslim Edition

Ubuntu ME Muslim Edition

"Sejuk dipandang - Sejuk di hati"
Itulah kalimat pertama saat saya mencoba Ubuntu ME (Muslim Edition). Satu keping DVD Ubuntu ME yang telah dibundel beberapa aplikasi sekaligus saya dapatkan dari majalah Info Linux, awal bulan yang lalu.


Apa saja yang menjadi kelebihan Ubuntu ME? yang pertama yang membuat saya tertarik adalah warnanya..he..he, entah kenapa mata saya sangat sensitif dengan warna hijau. Lihat saja beberapa distro yang bernuansa hijau sejuk, sebut saja SUSE, GOS, Linux Mint n terakhir Ubuntu ME. Semuanya sudah saya coba. Bahkan Ubuntu yang warna dasarnya cokelatpun terpaksa saya upgrade ke hijau. Kata orang sih pandangan pertama begitu menggoda. Ternyata ada benarnya juga.

That 1st..yang kedua tentu saja aplikasi di dalamnya. Dalam bundle Ubuntu ME telah dilengkapi beberapa aplikasi bernuansa islami. Zekr adalah yang terfavorit menurutku. Zekr adalah sebuah aplikasi Al-Quran, lengkap 30 juzz beserta terjemahan dalam beberapa bahasa, termasuk Indonesia. Menariknya selain dapat dibaca dan dipahami maknanya, kita juga dapat mendengarkan bacaanya dalam file audio. Kerenkan...! dan yang pasti semua aplikasi tersebut free alias gratis. Mantap banget....

Aplikasi lain yang juga tak kalah menarik adalah Mimbar Prayer Times yang merupakan penanda waktu sholat. Juga ada kumpulan doa-doa yang akan tampil secara otomatis secara periodik. DVD Ubuntu ME yang kudapatkan juga telah dilengkapi aplikasi Audio-Video lengkap, aplikasi Edukasi untuk pembelajaran, internet, grafis, office, serta beberapa tambahan games.

Untuk beberapa waktu kedepan ini mungkin hari-hariku akan ditemani Ubuntu ME dalam mengurusi beberapa pekerjaan harian. Yup...tunggu apalagi gunakanlah Linux (Ubuntu...) dalam aktifivitasmu. Dan majukan perkembangan Open Source di Indonesia.

No comments:

Post a Comment